Wisata

pemerintahan

Post Page Advertisement [Top]

 

Penerapan Pembelajaran Partisipatif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dan Siswi Pada Materi Pembelajaran Matematika, PKN, Bhs. Indonesia, Bhs. Inggris, IPA, dan Seni Budaya

    Proses belajar mengajar disekolah merupakan kegiatan yang sangat penting dalam peningkatan kualitas Pendidikan, dimana prose belajar mengajar ini diharapkan dapat mencapai tujuan Pendidikan nasional dan dapat meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas.dalam hal ini siswa siswi perlu memiliki kemampuan untuk memperoleh dan mengelola informasi dari berbagi sumber informasi. Kemampuan ini membutuhkan pemikiran kritis, sitematis, logis dan kreatif. Oleh karena itu, salah satu usaha yang dilakukan oleh mahasiswa MBKM KKNT untuk mencapai kemampuan tersebut adalah dengan memberikan pembelajaran Matematika, Pkn, Bhs. Indonesia, Bhs. inggris, Ipa, dan Seni budaya.

    

    Proses pembelajaran minggu pertama (9 september 2023), mahasiswa memberikan pembelajaran terkait mata Pelajaran matematika dimana materi yang dipaparkan terkait penjumlahan , pengurangan , pembagian dan perkalian. Dengan pembagian materi untuk kelas 1-3 (penjumlahan dan pengurangan) sedangkan untuk kelas 4-6 (pembagian dan perkalian) dan materi Bhs inggris.

    Proses pembelajaran minggu kedua (16 september 2023) mahasiswa memberiakn pembelajran terkaitmata Pelajaran ipa dimana materi yang disampaikan berupa tata surya (planet), setelah istirahat mahasiswa menguji konsentrasi kepada siswa dan siswi dengan permainan yang menguji konsentrasi. 

    Proses pembelajaran minggu ketiga (7 oktober 2023), mahasiswa memberikan pembelajaran terkait mata Pelajaran ipa dimana materi yang disampaikan berupa cuaca dan wujud benda , siswa dan siswi dapat mengenal keadaan cuaca dan macam macam dari wujud benda.

    Proses pembelajaran minggu keempat (21 oktober 2023) mahasiswa memberikan pembelajaran terkait mata Pelajaran b Indonesia untuk kelas 5-6 adapun materi yang diberikan tentang puisi mulai dari pengertian puisi, jenis-jenis puisi, contoh puisi dan cara menyampaikan puisi yang benar. untuk kelas 1-4 materi yang disampaikan berupa seni budaya.

    Proses pembelajaran minggu kelima (28 oktober 2023) mahasiswa memberikan pembelajaran terkait mata Pelajaran pkn untuk kelas 1-4 materi yang diberikan berupa penerapan pancasila bagi kehidupan sehari hari dan permainan yang menguji konsentrasi untuk siswa dan siswi. Untuk kelas 5-6 materi yang disampaikan berupa mata Pelajaran pkn tentang hak, kewajiban dan tanggung jawab. 

    Proses pembelajaran minggu keenam (11 november 2023) mahasiswa memberikan pembelajaran terkait mata Pelajaran b Indonesia untuk kelas 1-4 materi yang disampaikan berupa pengertian kalimat tanya, kalimat perintah serta contohnya. Untuk kelas 5-6 mata Pelajaran yang disampaikan berupa matematika dan b Indonesia. Materi yang disampaikan berupa pengertian pantun, ciri-ciri pantun, dan contoh pantun. Mata Pelajaran matematika materi yang disampaikan berupa bilangan pecahan decimal.

    Demikian proses belajar mengajar dari mahasiswa MBKM KKN-T selama ± 3 bulan yang di terapkan untuk siswa/i di Yayasan Miftahul iman. Harapan dari kami (Mahasiswa) semoga apa yang disampaikan selama proses belajar mengajar mendapatkan ilmu yang barokah dan bermanfaat serta memberikan pemahaman terhadap siswa/i yang telah sudi mendengarkan proses belajar mengajar dari mahasiswa MBKM KKN-T 2023.

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib