Wisata

pemerintahan

Post Page Advertisement [Top]

 Aksi Bersih Sampah Air Terjun Toroan





Sampang, 28 desember 2022 - Kelompok pengabdian masyarakat dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) melaksanakan Aksi Bersih Sampah di lingkungan Air Terjun Toroan. Wisata air terjun toroan merupakan kondisi alam yang langka dimana didapati air terjun yang bermuara langsung ke laut lepas. Wisata ini merupakan salah satu destinasi wisata favorit yang ada di kabupaten Sampang, Madura.

Aksi bersih sampah diawali dengan proses konsultasi dengan pihak pengelola wisata. Beranggotakan 14 mahasiswa, mereka dengan antusias terjun ke lokasi untuk membersihkan sampah yang tersebar di area air terjun dan bibir pantai. Menurut pihak pengelola wisata, seringkali dijumpai sampah yang berserakan di lokasi air terjun. Namun, hal tersebut bukanlah ulah masyarakat sekitar melainkan sampah tersebut terbawa ombak laut dan tersangkut di bebatuan di bibir pantai. 




Kegiatan ini bertujuan untuk membersihkan area wisata sehingga menambah kesan baik bagi pengunjung. Aksi bersih sampah yang dilakukan oleh teman-teman pengabdian masyarakat dari UTM ini juga disaksikan oleh sejumlah wisatawan yang sedang berada di lokasi wisata. Secara tidak langsung, kegiatan ini juga bermaksud untuk mengedukasi masyarakat agar menghindari perilaku membuang sampah ke laut lepas dikarenakan dapat merusak ekosistem laut.

"Saya berharap kontribusi kecil yang telah dilakukan oleh teman-teman dapat dijadikan contoh bagi masyarakat sekitar. Juga kedepannya pihak pengelola wisata akan menambah agenda bersih sampah yang rutin dilakukan di lokas wisata ini", ujar Imatus Solicha, salah satu anggota kelompok. "Teman-teman sangat antusias dalam aksi bersih sampah ini. Saya sangat senang karena salah satu program kerja kelompok kami bisa terlaksana dengan lancar", tambah M. Fahmi Ady selaku ketua kelompok.



No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib